Dinkominfo Pemprov Kalimantan Barat Kaji Pengelolaan Data Center Surabaya

By Admin

nusakini.com--Optimalisasi pelayanan publik melalui inovasi teknologi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kembali mendapat apresiasi. Rombongan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya untuk mempelajari penerapan TIK dalam pelayanan publik yang tekah dilakukan oleh Pemkot Surabaya.  

Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo, Kamis (3/8) rombongan sebanyak 9 orang diterima oleh Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. 

Suhardi selaku kepala rombongan dalam sambutannya menyampaikan, Surabaya memiliki pengembangan teknologi informasi yang sangat maju. Karena itu Pemprov Kalbar hendak mendalami bagaimana Pemkot Surabaya membentuk dan membangun layanan berbasis TIK. Ia berharap hasil dari kunjungan ini dapat diterapkan nanti sekembalinya dari kunjungan tersebut. 

Antiek menjelaskan bahwa dalam menerapkan TIK, memang merupakan sebuah kebutuhan agar dapat memberikan layanan yang maksimal untuk membangun sebuah data center diperlukan sebuah master plan yang dapat diterapkan minimal dalam 3 tahun ke depan. Hal yang perlu diperhatikan seoeri infrastruktur dan sarana pendukung, SDM, keamanan serta pendanaan.  

Terkait dengan pengelolaan data center milik Surabaya sendiri tingkat pengamanan sudah dibuat sedemikian rupa dan telah memiliki ISO 27000:1 2013 terkait pengamanan dan pengelolaan data center. Guna menunjang penerapan TI, dibangun pula jaringan fiber optik sepanjang 70 Km serta wifi gratis di taman dan fasilitas umum serta sebagai backup jaringan menggunakan VPN.  

Sebagai kota yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahannya, semua layanan sudah berbasis online. Warga tidak perlu repot dalam mengurus layanan pemerintah, cukup diakses melalui smartphone maupun e-Kios, warga dapat mengurus layanan pemkot secara mudah dan cepat. (p/ab)